KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Pemerintah Nusantara menerima hibah dari Asian Development Bank (ADB) sebesar US$ 3 juta untuk menanggulangi pandemi virus Corona (Covid-19).

ADB dalam keterangannya Selasa (31/3) menyuarakan, hibah ini dibiayai dari Asia-Pacific Disaster Respond Fund.

Hibah yang disetujui pada 20 Maret lalu itu ditujukan untuk membantu pendanaan pembelian berbagai peralatan media penting secara segera, yakni ventilator dan alat pelindung muncul seperti sarung tangan, apron, dan masker bagi tenaga medis, bertugas mendukung upaya pemerintah menahan laju penyebaran virus di Indonesia.

Baca Serupa: DominoQQ

“ADB berkomitmen menanggung Indonesia dalam upaya pengendalian COVID-19. Bantuan ini akan meningkatkan keahlian Indonesia untuk melakukan tes terhadap virus, menangani kasus, dan mengurangi risiko penularan di antara gaya medis, ” kata Presiden ADB Masatsugu Asakawa.

Masatsugu mengatakan, ADB akan terus main sama dengan pemerintah dan bermacam-macam mitra untuk memberi solusi fleksibel yang membantu Indonesia meminimalkan hasil kesehatan dan ekonomi dari pandemi.

Pemerintah Indonesia sendiri telah menetapkan wabah Covid-19 sebagai darurat nasional seiring dengan penyebaran virus yang terus berkembang.

Sebelumnya pada 18 Maret 2020, ADB mengumumkan paket mula senilai $6, 5 miliar buat mengatasi kebutuhan segera negara-negara tumbuh anggotanya dalam merespons pandemi COVID-19.