Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . Sesudah sempat merangkak naik dalam dua bulan terakhir, Harga Batubara Teladan (HBA) mulai merosot terimbas pandemi Corona. HBA April 2020 dipatok di angka US$ 65, 77 per ton atau turun US$ 1, 31 dibanding bulan sebelumnya.

Pandemi Corona menambah tekanan pada bisnis batubara yang telah mengalami tren pelemahan nilai sejak tahun lalu. Sejumlah emiten pun atur strategi untuk memitigasi dampak pandemi, tak terkecuali untuk PT Indika Energy Tbk (INDY).

Membaca Juga: Jurus Indika Energy (INDY) Menangkal Efek Virus Corona (Covid-19)

Head of Corporate Communication Leonardus Herwindo mengungkapkan, pandemi corona yang mendunia berimbas pada penerapan lockdownn di sejumlah negara tujuan ekspor utama batubara.

Selain itu, katanya, penurunan harga batubara juga diakibatkan oleh sentimen dari tekanan pada harga komoditas energi lainnya, khususnya nilai minyak dunia yang turun cukup tajam dalam dua bulan belakang.

“Kondisi pasar saat ini berbeda dengan triwulan tarikh 2019, dimana HBA rata-rata jauh lebih rendah dibanding periode yang sama tahun lalu, ” kata pendahuluan Leonardus kepada Kontan. co. id, Rabu (8/4).

Baca Juga: Melirik rencana bisnis Indika Energy (INDY) di tengah pandemi virus corona

Menurutnya, tekanan saat ini bisa siap akan bertahan seiring dengan penyaluran virus Corona yang masih menjalar di sejumlah negara.

“Hal ini bisa dikatakan perdana kondisi awal mengingat penyebaran virus corona di luar China baru meningkat di awal Maret, ” sambungnya.