Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN. CO. IDENTIFICATION – JAKARTA . Air Asia Indonesia turut menyewakan pesawatnya untuk aktivitas pengiriman logistik. Sebelumnya sesuatu yang sama sudah lebih dulu dilakukan Garuda Indonesia, Citilink, lalu Lion Air yang memfokuskan aktivitas penerbangannya melayani kargo udara.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga mengatakan, dengan adanya peraturan pemerintah terkait pembatasan penerbangan komersial berjadwal sampai oleh 31 Mei 2020, AirAsia Indonesia untuk sementara akan memfokuskan layanannya pada penerbangan sewa (carter) buat pengiriman barang logistik dan bantuan untuk pemulihan dari virus corona atau Covid-19.

Bahkan, AirAsia juga memfokuskan untuk kebutuhan lainnya yang telah memperoleh izin dari pemerintah setempat dan otoritas terkait, selain membantu misi repatriasi.

Baca Juga: Garuda tetap boleh terbang meskipun ada karantina wilayah, berikut jadwal terbangnya

“Di tengah situasi penuh keterbatasan ini, kami terus berupaya maksimal menjalankan peran tuk memperlancar pergerakan komoditas penting yg dibutuhkan oleh masyarakat. Kami terus berharap situasi akan kembali regular secepatnya sehingga nantinya kami dapat kembali fokus mendukung sektor pariwisata, ” kata Veranita dalam siaran pers, Kamis (30/4).

Veranita menjelaskan, pengalaman menerbangi berbagai destinasi mulai dari Sumatera hingga Papua, dan kota-kota utama pada Asia Pasifik, pihaknya siap melayani permintaan penerbangan carter dari semua kalangan yang membutuhkan baik dari pemerintah, swasta, organisasi dan komunitas masyarakat.

“Dengan tetap menghadirkan kualitas layanan terbaik serta biaya yang kompetitif. Sebagai salah satu maskapai dengan unit biaya operasi terendah, kami berharap meraih memberikan nilai lebih terhadap komoditas atau bantuan yang dibawa, ” ujarnya.

Pesawat AirAsia Indonesia dapat dikondisikan dalam dua konfigurasi untuk memenuhi kebutuhan penyewa yaitu, pertama , sewa penumpang ( traveler charter ) yakni kabin atas untuk penumpang, kompartemen bawah untuk bagasi dan barang kargo.

Kedua , yaitu sewa kargo (cargo charter) yakni kabin atas untuk komoditas dan logistik penanggulangan Covid-19, kompartemen bawah untuk kargo dan bagasi.

Lihat Juga: Terpapar corona, Garuda (GIAA) nego biaya sewa pesawat & minta restrukturisasi utang

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yg berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.