Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Tendi Mahadi

LANGSUNG. CO. ID –┬áJAKARTA. Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional Untuk Mendukung Kebijakan Keuangan Negara Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Dan/Atau Untuk Menghadapi Ancaman Yang Membahayakan Perekonomian Nasional Dan/Atau Stabilitas Sistem Keuangan Serta Penyelamatan Ekonomi Nasional (PEN).

Sebagai periode krusial dari penanganan Covid-19 di kesehatan dan kondisi sosio-ekonomi klub, penerbitan PP 23/2020 menjadi siasat awal pelaksanaan Program PEN.

Baca Serupa: Pengusaha desak pemerintah tambah besaran stimulus untuk menangani dampak covid-19

Peraturan ini yang merupakan bani peraturan perundang-undangan mengenai penanganan COVID-19 ini secara umum mengatur menimpa mekanisme intervensi pemerintah dalam pelaksanaan Program PEN.

Kalender PEN antar lain melalui pelibatan modal negara, penempatan dana, investasi pemerintah, dan penjaminan. Pilihan rencana intervensi dimaksud akan disesuaikan secara kebutuhan yaitu target kelompok karakter usaha yang akan diberikan provokasi dengan tetap mempertimbangkan kemampuan keuangan negara.

Selain tersebut, PP 23/2020 juga mengatur kalau pemerintah dapat melakukan program perbaikan ekonomi melalui pengalokasian belanja negeri, yang salah satunya adalah secara memberikan subsidi bunga bagi kawanan pelaku usaha ultra mikro, mikro, kecil dan menengah yang terdampak Covid-19 dan telah melakukan restrukturisasi kreditnya pada perbankan, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) serta perusahaan pembiayaan.

Menyuarakan Juga: Dorong ekonomi, pemerintah siapkan Rp 125 triliun untuk kredit modal kerja bagi UMKM

Buat dapat memperoleh fasilitas subsidi kembang tersebut, pelaku usaha harus memenuhi persyaratan antara lain memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) ataupun mendaftar untuk mendapatkan NPWP.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas & bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang mampu digunakan berbelanja di KONTAN Store.