Reporter: Azis Husaini | Editor: Sandy Baskoro

KONTAN. CO. ID -JAKARTA. Hasil Seleksi Nasional Masuk Sekolah tinggi Negeri (SNMPTN) memang sudah diumumkan pada April 2020. Bagi yang tidak lolos di ajang tersebut, pendaftaran masuk universitas jalur sendiri bisa jadi pilihan.

Bagi yang masih bingung mengesahkan universitas idaman, jejak sukses karier para alumni bisa jadi masukan untuk menentukan universitas pilihan. Misalnya dengan menelusuri jejak karier para-para alumni universitas yang sukses berkiprah di perusahaan terbuka dari kalangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Membaca Juga: Meski Jokowi Alumni UGM, jabatan Komisaris & Direksi Grup BUMN tak dikuasai UGM

Salah satu kampus ternama dan alumninya terbilang sukses berkarier di emiten BUMN adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah alumnus UGM.

Nah, apakah naiknya Jokowi menjadi Presiden RI dua periode tersebut membuat alumni UGM membersihkan bersih jabatan komisaris dan direksi grup BUMN yang listing dalam bursa?

Ternyata jawabannya tidak. Meski Presiden Jokowi lantaran UGM, bukan alumni UGM dengan di posisi puncak penempatan komisaris maupun direksi emiten saham BUMN.

Berdasarkan penelusuran Kontan. co. id, posisi komisaris emiten BUMN didominasi alumni Universitas Indonesia (UI). Adapun posisi direksi emiten saham BUMN paling banyak diisi oleh alumni Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sementara alumni UGM yang duduk sebagai komisaris emiten saham grup BUMN terekam hanya 22 orang. Posisi itu di peringkat ketiga setelah alumni UI yang menempatkan 29 orang, dan alumni ITB yang menempatkan 23 orang komisaris.

Baca Juga: Alumni UNPAD, kuda hitam pemegang jabatan Direksi dan Komisaris Grup Emiten BUMN

Jika dirinci lagi, beserta ini adalah peringkat jumlah komisaris berdasarkan alumni jenjang S-1 pada perguruan tinggi negeri ternama pada Indonesia. Peringkat ini disusun bersandarkan data 19 Juni 2020 dibanding 35 emiten saham Grup BUMN yang tercatat di Bursa Ekor Indonesia (BEI).

Peringkat

Universitas/Institut

Jumlah

1

Universitas Indonesia (UI)

29

2

Institut Teknologi Bandung (ITB)

23

3

Universitas Gadjah Mada (UGM)

22

4

Universitas Padjadjaran (Unpad)

8

5

Universitas Airlangga (Unair)

7

6

Universitas Diponegoro (Undip)

tujuh

7

Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta (UNS)

6

8

Institut Pertanian Bogor (IPB)

6

9

Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS)

5

10

Universitas Brawijaya (Unbraw)

4

11

Universitas Sriwijaya (Unsri)

3

12

Universitas Sumatera Utara (USU)

1

13

Lain-lain

70

Saat ini jumlah komisaris di emiten grup BUMN mencapai 191 orang. Dengan kata lain, alumni UGM menguasai 11, 51% lantaran total komisaris emiten saham grup BUMN.

Beberapa tanda alumni UGM yang menjabat komisaris di emiten BUMN adalah Joni Swastanto (Bank BNI), Rofikoh Rohim (Bank BRI), Eko Suwardi (BRI Syariah), Andin Hadiyanto (BTN), Nawal Neli (Bank Mandiri).

Ada pula nama Rizal Mallarangeng (Telkom), Nanang Pamuji (Krakatau Steel), Gatot Dewobroto (GMF Aero Asia), Nurachman (Kimia Farma), Verdi Budidarmo (Phapros), Widiarto (Adhi Karya), dan Abdul Haris Tatang (PP Properti).

Menangkap Juga: Ada 31 Alumni ITB jadi Direksi dalam Emiten Grup BUMN, salah satunya Fadjrin 34 tahun

Posisi direksi BUMN, baca di halaman berikutnya > >

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas menjawab Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.