Sumber: Kompas. com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) baru. Kali itu, Perpres yang diterbitkan mengatur perkara Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam).

Adapun Perpres tersebut ialah Nomor 73 Tahun 2020 dengan mengatur tentang Badan Intelijen Negara (BIN) tidak lagi di bawah koordinasi Kemenko Polhukam.

Baca Juga: Menko Polhukam Mahfud MD akan aktifkan lagi tim pemburu koruptor

Namun, dalam Perpres yang ditandangi Jokowi pada 2 Juli 2020 tersebut, disebutkan bahwa Kemenko Polhukam tentu mengoordinasikan sejumlah kementerian dan jawatan.

“BIN langsung berada di bawah Presiden karena produk intelijen negara lebih langsung dibutuhkan oleh Presiden, ” ujar Menko Polhukam Mahfud dalam Twitter resminya, Sabtu (18/7).

Yakni meliputi Kementerian Dalam Negeri, Departemen Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Pribadi, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kemudian disusul Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi Kejaksaan Agung, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), dan instansi lain dengan dianggap perlu.

Baca Juga: Menkopolhukam Mahfud MD tegaskan negeri minta DPR menunda penbahasan RUU HIP

Kaidah tersebut telah diundangkan pada 3 Juli atau sehari setelah Jokowi resmi menandatangani. Dengan demikian, petunjuk itu juga mencabut Perpres Bagian 43 Tahun 2015 tentang Kemenko Polhukam. ( Achmad Nasrudin Yahya )

Artikel ini telah tayang dalam Kompas. com dengan judul “Presiden Jokowi Coret BIN di Bawah Koordinasi Kemenko Polhukam”.

SOKONGAN, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah watak kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Jadi ungkapan terimakasih atas perhatian Kamu, tersedia voucer gratis senilai dana yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.