Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Sesudah melakukan penempatan dana kepada bank pelat merah, kini giliran bank daerah yang dapat penempatan persediaan. Ada tujuh bank daerah yang dapat penempatan dana dengan biji total Rp 11, 5 triliun.

Ketujuh bank tersebut adalah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) senilai Rp 2, 5 triliun, PT Bank DKI Jakarta Rp 2 triliun, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Rp 2 triliun, PT Bank Pendirian Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM) Rp 2 triliun, dan PT Bank SulutGo Rp 2 triliun.

Mengaji Juga: Penempatan Derma LPS Hanya Sentimen Jangka Rendah Buat Emiten Perbankan

“Ada pula PT Bank Pembangunan Daerah Bali, dan PT Bank DIY yang masih diproses dan masing-masing akan mendapatkan Rp 1 triliun, ” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Senin (27/7) di Jakarta.

Sri Mulyani menambahkan, terkait program penempatan dana di bank wilayah, pemerintah menyiapkan total dana Rp 20 triliun. Dengan Rp 11, 5 triliun telah diparkir pada tujuh bank daerah, maka masih ada Rp 8, 5 triliun lain yang siap diparkirkan bank daerah lain.

Sementara penempatan dana ini menurut Sri Mulyani memiliki ketentuan yang cocok dengan penempatan Himbara. Misalnya bank daerah akan dibebankan bunga 80% dari suku bunga repo. Pemerintah juga berharap dana ini juga barangkali sumber ekspansi kredit.

“Tidak ada syarat apapun kecuali untuk disalurkan untuk pengaruh sektor produktif, dan leverage minimum dua kali, misalnya kalau Bank DKI dapat Rp 2 triliun, kecil harus disalurkan menjadi kredit senilai Rp 4 triliun. Dan pula dana tidak boleh untuk beli SBN, atau membeli valas, ” lanjut Sri Mulyani.

Baca Juga: Himbara Sudah Menyalurkan Uang PEN Rp 36 Triliun

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda mau menambah semangat kami untuk menghadirkan artikel-artikel yang berkualitas dan berguna.

Sebagai ungkapan terimakasih tempat perhatian Anda, tersedia voucer percuma senilai donasi yang bisa dimanfaatkan berbelanja di KONTAN Store.