Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . Dominasi Jasa Keuangan (OJK) akhirnya menyerahkan restu kepada KB Kookmin Bank untuk menjadi pemegang saham pengendali PT Bank Bukopin Tbk (BBKP).

Berdasarkan Surat Keputusan Bagian Dewan Komisioner OJK KEP – 98/D. 03/2020, OJK menyetujui KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali berdasarkan hasil Penawaran Umum Terbatas V dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) yang dilakukan beberapa waktu berarakan.

Menyuarakan Juga: Akan diambilalih Kookmin, begini target bisnis Bukopin di 2020

Dengan rampungnya rights issue Bank Bukopin tersebut, kini KB Kookmin Bank mengusai 33, 9% di BBKP. Dengan keputusan OJK ini, oleh sebab itu Bank Bukopin memiliki dua pemegang saham pengendali. Yakni KB Kookmin Bank dengan 33, 9% & Bosowa Corporindo yang mengapit 23, 4%.

Berdasarkan rilis yang diterima Kontan. co. id, Rabu (5/8), saham lainnya dimiliki Negara Republik Indonesia sebesar enam, 37%, dan pemegang saham umum dengan kepemilikan di bawah 5% yang totalnya capai 36, 33%.

Seiring surat tersebut, OJK juga turut menerbitkan buatan penilaian kemampuan dan kepatutan atau fit and propert test yang menyatakan bahwa Kookmin memenuhi persyaratan per menjadi pemegang saham pengendali & ultimate shareholder pada Bank Bukopin.

OJK juga menyambut cantik rencana Bank Bukopin yang mau menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa pada 25 Agustus mendatang. Hal ini dilakukan untuk mengambil keputusan dalam pengembangan kelembagaan dan bisnis Bank Bukupon ke depan.

Baca Juga: Bukopin: Status Kookmin sebagai pemegang saham pengendali tunggu pengumuman OJK

Sebelumnya, Penasihat Utama Bank Bukopin Rivan Purwantono bilang, hasil rights issue bakal menambah kecukupan modal Bukopin dengan akal CAR mencapai 14%. Rasio simpanan tersebut bakal kembali meningkat bila Kookmin bakal merealisasikan private placement .

“Dengan private placement , CAR kami bisa balik meningkat menjadi 16%-17%. ini ekuivalen dengan kepemilikan Kookmin di kisaran 67%, ” kata Rivan pada keterangan tertulis, Kamis (30/7).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas menggubris Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.