Reporter: Virdita Rizki Ratriani | Editor: Virdita Ratriani

KONTAN. CO. ID semrawut Sejarah Pizza Hut dimulai sejak 1958 silam. Kini, Pizza Hut merupakan perusahaan waralaba piza terbesar di dunia.

Di Indonesia, nama Pizza Hut juga populer. Di tengah pandemi virus corona baru, Pizza Hut menerapkan kebijakan pegawainya berjualan di pinggir jalan untuk menjajakan makanannya.

Harga dengan dibanderol pun bervariasi, mulai Rp 16. 500 per piza hingga Rp 100. 000 bisa mendapatkan 4 piza.

Langsung, seperti apa sejarah Pizza Hut?

Baca Juga: Promo Pizza Hut Delivery hemat Big Box 30%, sampai 4 Oktober 2020!

Sejarah Pizza Hut

Sejarah Pizza Hut dimulai ketika pada 1958, dua bersaudara, Frank dan Dan Carney meminjam US$ 600 dari ibu mereka untuk membuka usaha piza pada Wichita, Kansas, bersama rekannya John Bender.

Dirangkum daripada Encyclopedia. com , kedua bersaudara tersebut lalu mengontrak sebuah bangunan kecil di pusat Kota Wichita dan membeli peralatan bekas untuk membuat piza. Itu pun menamakannya Pizza Hut, sebab papan nama yang mereka gunakan hanya memuat delapan huruf.

Pada malam pembukaan, Frank dan Dan Carney membagikan piza untuk menarik minat masyarakat. Setahun lalu, pada 1959, Pizza Hut didirikan dalam Kansas, dan Dick Hassur menggelar unit waralaba pertama di Topeka, Kansas.

Pada pembukaan 1960-an, Pizza Hut tumbuh dengan kekuatan pemasaran yang agresif. Kemudian pada tahun 1966, ketika total unit waralaba Pizza Hut sudah bertambah menjadi 145, sebuah kantor pusat didirikan untuk mengkoordinasikan usaha dari Wichita.

Baca Juga: Promo Pizza Hut Delivery diskon Big Box hingga 30%, sampai 4 Oktober 2020!

Dua tahun kemudian, franchise Pizza Hut pertama dibuka di Kanada. Ini diikuti dengan pembentukan Perserikatan Pemegang Waralaba Pizza Hut Global (IPHFHA).

Hal tersebut bertujuan untuk memperoleh 40% dari operasi waralaba perusahaan, atau 120 gardu, dan menambahkannya ke enam gerai yang sepenuhnya dimiliki oleh Pizza Hut.

Kemudian, di dalam 1969, logo atap merah seperti saat ini mulai diaplikasikan dalam nama Pizza Hut. Lalu, hanya butuh 13 tahun untuk Pizza Hut menjadi restoran piza waralaba nomor satu di dunia.

Di dalam 1971, dari segi penjualan & jumlah restoran Pizza Hut unggul dari restoran piza yang asing. Di 1995, Pizza Hut membuat susunan stuffed crust atau tepian roti yang berisi. Kreasi ini mendongkrak pemasaran piza mereka.

Pizza Hut juga menjadi perusahaan baru yang mengantarkan pizanya ke Space Station, stasiun angkasa internasional. Saat ini, Pizza Hut masih beroperasional & setiap negara dan memiliki bertambah dari 16. 000 cabang pada lebih dari 100 negara.