KONTAN. CO. ID – Nafsu makan anak yang sedikit pastinya mendirikan kebanyakan orang tua sedih. Beragam cara digunakan untuk menambah antusiasme makan buah hati.

Ada beberapa faktor yang mewujudkan nafsu makan anak berkurang. Mengutip dari Healthline , alergi hingga sakit bisa membuat penurunan nafsu makan.

Menelan jus atau susu di sela-sela makan juga memengaruhi porsi santap anak. Dua jenis minuman itu bisa membuat anak lebih kenyang, meski tidak banyak makan makanan berat.

Jika nafsu anak terus menurun, akan berefek buruk pada kesehatan dan tumbuh kembang anak. Karenanya, Anda menetapkan menerapkan beberapa cara agar antusiasme makan anak bisa bertambah.

Simak jalan menambah nafsu makan anak dengan dihimpun dari Your Kids Table serta Firstcry Parenting berikut:


  • Jangan memaksa anak

Tidak jarang orangtua tidak sabar saat menyuapi anak. Memaksa anak untuk makan banyak justru membuat mereka semakin terdesak.

Biarkan anak prasmanan sesuai porsi yang dia inginkan. Jika terus dipaksa, anak bisa muntah dan menolak untuk dahar.


  • Tidak makan sambil menonton TV

Banyak orangtua yang membiarkan anaknya makan sambil menonton TV. Selain TV, gawai juga jadi alternatif teman makan untuk anak.

Cara ini justru menurunkan nafsu makan Anak. Soalnya, perhatian anak tidak pada makanan namun pada TV atau gawai.

Saat makan, usahakan untuk menjauhkan anak pada TV atau gawai. Lebih baik untuk mamah di ruang makan yang jauh dari gangguan TV.

Lebih bagus lagi jika keluargalah yang menemani anak makan. Mereka jadi lebih semangat untuk mamah dan otomatis menambah nafsu makan.

Menyuarakan Juga: Kenali memperlawankan Kutub Utara dan Kutub Daksina


  • Porsi makan dengan sedikit tetapi sering

Jika cenderung memakan makanan dengan porsi kecil, ada baiknya untuk memberi dahar sesering mungkin.

Berikan jarak yang sedikit antar tanda makan anak. Cara ini bisa menjadi solusi agar anak langgeng makan banyak meski porsi makan mereka sedikit.


  • Jajan setelah dahar besar

Jangan berikan jajan sebelum makan besar. Tindakan ini membuat anak cepat kenyang tanpa prasmanan makanan berat.

Berikan jajanan yang mereka suka setelah makan makanan besar.

Editor: Tiyas Septiana