Sumber: Kompas. com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Karo Penmas Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengimbau agar perayaan Tarikh Baru Imlek 2572 yang anjlok pada Jumat (12/2/2021) digelar secara daring untuk mencegah penularan Covid-19.

Rusdi mengatakan, kejadian ini sejalan dengan imbauan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. “Polri untuk kegiatan-kegiatan pengamanan khususnya Imlek, tentunya apa yang disampaikan sebab Menteri Agama agar kegiatan Imlek itu dengan menggunakan daring, ” kata Rusdi dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (11/2).

Ia menjelaskan, Polri pun menginstruksikan kepada seluruh polres dan polda untuk membuat program pengamanan untuk mencegah kerumunan saat perayaan Imlek. Rencana pengamanan dibuat berdasarkan situasi kerawanan di tiap wilayah.

Baca Juga: Perjamuan Imlek 2021, XL Axiata memperhitungkan terjadi kenaikan trafik data sekitar 5%

“Artinya satuan-satuan kewilayahan dan Polri di dalamnya telah siap untuk menyimpan kegiatan Imlek, ” ujar Rusdi.

Sebelumnya, Menteri Pegangan Yaqut Cholil Qoumas mengimbau supaya Tahun Baru Imlek 2572 dirayakan secara sederhana dan digelar maya. Sebab, pandemi Covid-19 belum mereda. Terkait hal ini, Yaqut mengaku telah berkomunikasi dengan tokoh-tokoh petunjuk Konghucu dan tokoh Tionghoa.

“Imlek tahun ini biar dilaksanakan secara sederhana, dilaksanakan mencuaikan virtual. Dan saya kira itu juga tidak akan mengurangi keterangan dari perayaan Imlek ini, ” kata Yaqut, Kamis (4/2/2021). (Tsarina Maharani)

Artikel ini telah tayang di Kompas. com dengan judul “Polri Imbau Perjamuan Imlek Digelar Secara Daring”

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas menjawab Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.