KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Dunia semakin memerlukan sumber energi baru untuk sampai kebutuhan industri maupun rumah tangga. Tetapi untuk menghadapi perubahan kondisi, energi harus lebih banyak didatangkan dari sumber-sumber rendah karbon.

Menjawab kebutuhan tersebut, PETRONAS terus berinovasi dalam memproduksi energi bersih serta mengelola dengan standar kinerja terbaik demi menghasilkan nilai tambah maksimal bagi pemangku hajat ( stakeholders ). Terbaru, perusahaan minyak dan gas milik negara Malaysia ini meluncurkan solusi yang berkelanjutan ( sustainability ) dalam pengiriman gas alam cair (LNG) untuk memastikan kebutuhan energi bersih pelanggannya terpenuhi.

PETRONAS kini memiliki Solusi Bunkering LNG yang membantu pemilik dan operator pesawat untuk memberi daya tenaga di kapalnya dengan bahan bakar (bunkering) LNG. Diluncurkan pada November 2020, Penyelesaian LNG Bunkering ini diperkenalkan bersaingan dengan kedatangan Kapal Bunkering LNG (LBV) pertama PETRONAS, MV Avenir Advantage, yang merupakan LBV khusus pertama di Asia Tenggara.

“Hadirnya Solusi Bunkering LNG juga mendukung implementasi regulasi International Maritime Organization (IMO) 2020 untuk membatasi dampak karbon dari industri kelautan, ” jelas keterangan resminya kepada KONTAN. CO. ID.

Kehadiran Kapal Bunkering LNG membuktikan bahwa PETRONAS menempatkan pelanggan jadi hal yang terutama.

Solusi Bunkering LNG ini juga menjadi bahan PETRONAS menempatkan pelanggan sebagai pokok utama dalam menjalankan bisnisnya seraya terus memprioritaskan dampak keberlanjutan perlu masa depan yang lebih muda. Memenuhi tantangan menjadi perusahaan selamat emisi gas karbon (net zero carbon emissions company) pada 2050 tidak akan mudah, tetapi PETRONAS tak akan pernah berhenti mendorong kemajuan untuk memberikan solusi berkelanjutan untuk pelanggan, karyawan, dan dunia.

Saat ini PETRONAS masih menjadi salah satu pemimpin pasar bisnis LNG secara global. Saat ini PETRONAS telah berhasil mengirimkan lebih dari 11. 000 kargo semenjak produksi LNG pertamanya di Bintulu, Sarawak, Malaysia pada 1983.

Dengan pengalaman di tempat LNG selama lebih 37 tarikh, PETRONAS terus berinovasi dan berfokus kepada konsumen dengan menyediakan sumber energi yang ramah lingkungan kepada pelanggannya. Selama beberapa tahun terakhir, PETRONAS juga terus berinvestasi dalam peningkatan teknologi yang dapat memaksimalkan sumberdaya migas sekaligus mengurangi konsekuensi lingkungannya.

Kunjungi www.petronas.com/pegt/ untuk mengetahui lebih lanjut tentang Solusi Bunkering LNG terbaru PETRONAS atau hubungi Mohd Rafe Mohamed Ramli di rafe. ramli@petronas. com

Reporter: Adv Team
Editor: Ridwal Prima Gozal