KONTAN. CO. ID –┬áBEIJING. CEO Sinovac Yin Weidong menegaskan, vaksin Covid-19 buatan perusahaannya saat ini masih benar efektif melawan virus corona baru dan mutasi lain dari virus mematikan itu.

“Vaksin yang kami gunakan sekarang sedang sangat efektif melawan Covid-19 dan mutasi lain sebab virus corona baru, ” tegas Yin, Senin (8/3), dalam wawancara khusus dengan Global Times.

Menurut dia, hanya sedikit negara yang melihat galur virus mutasi endemik. Sementara bagi biasa negara lain, meningkatkan cara vaksinasi massal dan segera adalah kuncinya.

Dan, salah satu prasyarat untuk mendesain ulang vaksin adalah strain yang bermutasi menjadi dominan.

Baca Selalu: Pertama di dunia, China meluncurkan paspor virus corona

“Kami sekarang dengan intensif memantau bagaimana virus corona baru bermutasi, bergerak erat dengan ilmuwan terkemuka China dan lembaga nasional pada studi laboratorium untuk melacak setiap perubahan, & untuk mendiskusikan pengobatan terpendam, ” ujar Yin.

Dia mengungkapkan, angka terkini menunjukkan, tingkat perlindungan vaksin Sinovac dalam besar bulan setelah pemberian besar dosis suntikan adalah 80%-90%. “Tetapi, jumlah antibodi di dalam penerima menurun seiring masa, ” sebutnya.

Sinovac, Yin menyebutkan, masa ini menganalisis data tentang tingkat perlindungan vaksin sesudah enam bulan pemberian besar dosis suntikan.

“Serta, melakukan eksperimen di memberikan suntikan ketiga pada penerima untuk melihat, apakah ada tingkat perlindungan dengan lebih tinggi. Beberapa hasil diharapkan segera keluar, ” imbuh dia.

Editor: S. S. Kurniawan