Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga memajukan agar pelajar Indonesia menjadi duta produk Indonesia pada luar negeri. Hal itu dikemukakan saat Wamendag bertemu secara virtual dengan pelajar-pelajar Indonesia yang tergabung pada PPI Dunia.

Dalam acara tersebut Jerry menilai pasar ekspor dengan demikian luas bisa ditembus kalau semua elemen asosiasi Indonesia, termasuk pelajar serupa turut berpartisipasi.

PPI Dunia tersebar di sekitar 57 negara yang mencakup dekat semua benua. Mereka kerap terlibat dalam acara-acara yang diselenggarakan oleh pemerintah tertib melalui Kedutaan Besar RI maupun lewat kementerian.

Wamendag ingin biar mereka terlibat aktif pula dalam pemasaran produk Nusantara. Selain dengan menjadi wakil produk, menurut Jerry, pelajar-pelajar juga bisa memberikan bahan mengenai segala hal mengenai negara di mana itu tinggal guna pengembangan pemasaran produk.

Baca Juga: Ini kata Dirjen Pajak soal pembentukan Himpunan Tugas Penanganan Pelaku Ekonomi Digital

“Perdagangan itu kan multi aspek. Banyak sisi yang berpengaruh, baik itu baik, politik termasuk aspek-aspek ekonomi itu sendiri. jadi siapapun sebenarnya bisa memberikan keterangan mengenai kemungkinan perluasan pemasaran produk Indonesia, meskipun dengan informasi yang tidak langsung berkaitan dengan perdagangan tersebut sendiri. ” kata Wamendag.

Oleh sebab itu, menurut Jerry, dalam menuntut ilmu, ada baiknya para pelajar mempelajari negara yang bersangkutan agar bisa membantu atase-atase dan ITPC perdagangan menangkap perilaku konsumen dan peluang-peluang yang ada.

Hal ini berlaku baik di negara2 tradisional tujuan ekspor Nusantara maupun pasar-pasar potensial serupa di Afrika, Eropa Timur dan Amerika Selatan.

Perdagangan luar jati Indonesia mencapai rekor ekses pada tahun 2020 secara capaian sekitar US$ 20 miliar. Angka ini merupakan yang tertinggi sejak 2012. Dalam tahun 2021, strategi perluasan ekspor diarahkan untuk meneruskan yang telah dilakukan kaya melalui penyelesaian perjanjian-perjanjian perniagaan dan promosi melalui berbagai pameran dagang.

Disamping itu, Pemerintah selalu ingin memastikan kelancaran sasaran baku agar Indonesia mampu menjaga dan meningkatkan status dalam global supply chains.

Baca Juga: Indonesia dan Jerman terus berupaya menguatkan kerja persis ekonomi yang komprehensif

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Pertolongan Anda akan menambah sifat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan berguna.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, ada voucer gratis senilai sokongan yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.