Sumber: Kompas. com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Aturan terbaru yang mengatur perjalanan di dalam negeri selama masa pandemi Covid-19 sudah dirilis sebab Satuan Tugas (Satgas) Pengerjaan Covid-19. Salah satunya menyusun soal perjalanan darat.

Aturan tersebut tertera dalam Surat Edaran (SE) Nomor 12 Tahun 2021 yang berlaku mulai 1 April 2021 hingga pemisah waktu yang belum ditentukan.

Terbitnya SE ini mau menggantikan SE sebelumnya, yakni SE Satgas Nomor tujuh Tahun 2021. Lebih lengkapnya, berikut ini aturan kunjungan darat terbaru seperti tertera dalam SE Satgas Cetakan 12 Tahun 2021 dirangkum Kompas. com:

1. Diimbau tes Covid-19

Untuk pelaku perjalanan secara transportasi darat pribadi, diimbau melakukan tes RT-PCR atau rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 tanda sebelum keberangkatan.

Baca Pula: Satgas Covid-19: Larangan mudik Lebaran 2021 demi kebaikan bersama

dua. Tes GeNose di rest kawasan

Selain menunjukkan hasil minus tes RT-PCR atau rapid test antigen, pelaku penjelajahan juga bisa mengikuti tes GeNose C19 yang dikerjakan di rest area sepanjang perjalanan sebagai syarat melanjutkan perjalanan.

3. Ada random check

Buat pelaku perjalanan transportasi tanah pribadi dan pelaku perjalanan transportasi umum darat, sewaktu-waktu bisa dilakukan random check atau tes acak rapid test antigen atau tes GeNose C19 apabila diperlukan oleh Satgas Covid-19 Kawasan.

Baca Juga: Mulai besok, ada aturan baru perjalanan orang di dalam kampung

Khusus untuk perjalanan rutin di Pulau Jawa secara transportasi darat baik awak maupun umum dalam satu wilayah aglomerasi perkotaan, pula mungkin dilakukan tes sebarang apabila diperlukan.

DONASI, Dapat Voucer Percuma!

Dukungan Kamu akan menambah semangat ana untuk menyajikan artikel-artikel dengan berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih arah perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi dengan bisa digunakan berbelanja pada KONTAN Store.