Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN. CO. ID semrawut SEOUL. Kabar yang sempat beredar beberapa waktu lalu kini menjadi nyata. LG Electronics Inc. hari ini, Senin (5/4), formal mengumumkan bahwa mereka mau menutup bisnis smartphone (LG Mobile) secara global.

Melansir laman LG Newsroom , diungkapkan bahwa keputusan penting LG untuk keluar lantaran sektor ponsel yang betul kompetitif akan memungkinkan perusahaan untuk memfokuskan sumber gaya di area pertumbuhan seolah-olah komponen kendaraan listrik, set yang terhubung, rumah arif, robotika, kecerdasan buatan dan solusi bisnis-ke-bisnis, serta maklumat dan jasa.

Melalui pemberitahuan resminya yang dirilis hari ini, LG mengatakan usaha ponsel mereka diharapkan selesai pada 31 Juli meskipun inventaris dari beberapa arketipe yang ada mungkin sedang tersedia setelah itu.

Untuk saat ini LG memastikan bahwa inventaris ponsel LG akan langsung tersedia untuk dijual. LG akan memberikan dukungan servis dan pembaruan perangkat lunak untuk pelanggan produk ponsel yang ada untuk masa waktu yang berbeda-beda di setiap wilayah.

Baca Selalu: Dari Bill Gates hingga Michael Dell, ini daftar miliarder dunia yang drop out kuliah

Dalam prosesnya nanti, LG mau bekerja sama dengan pemasok dan mitra bisnis semasa penutupan bisnis ponsel. Rincian mengenai nasib para pegawai akan ditentukan di level lokal.

Meskipun berhenti total dalam buatan perangkat ponsel pintar, LG berkomitmen untuk terus memajukan keahlian selulernya dan memajukan teknologi terkait mobilitas serupa 6G untuk membantu bertambah memperkuat daya saing di bidang bisnis lainnya.

LG juga meyakinkan bahwa semua teknologi inti yang mereka kembangkan semasa dua dekade operasi bisnis seluler akan dipertahankan dan diterapkan pada produk yang ada dan yang akan datang.

Gagal bersaing

Tutupnya unit LG Mobile tak lepas lantaran sulitnya produk mereka makan level persaingan tertinggi. Informasi mengenai rencana penutupan LG Mobile pertama kali dilaporkan media lokal, DongA Ilbo , yang mendapat informasi dari sumber internal LG.

Menurut DongA Ilbo , negosiasi LG dengan Volkswagen AG sejak Jerman dan Vingroup JSC dari Vietnam terkait penjualan LG Mobile telah urung.

Baca Juga: Siap lawan dominasi Apple, mobil listrik Xiaomi bakal segera diproduksi