Reporter: Kenia Intan | Editor: Herlina Kartika Dewi

LANGSUNG. CO. ID – JAKARTA. Indeks Harga Saham Ikatan (IHSG) ditutup menguat enam, 757 poin atau 0, 11% ke level 6. 086, 258 pada Jumat (16/4).

Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan mengungkapkan, IHSG diperkirakan bergerak sideways dengan kecenderungan menguat terbatas pada perdagangan kelak Senin (19/4).

“Kembali menguji resistance area saat ini di kisaran 6. 100 hingga 6. 120, ” ujarnya dalam riset dengan diterima Kontan. co. id, Jumat (16/4).
Adapun level support akan berharta di 5. 980.

Valdy menjelaskan, dibanding dalam negeri, kenaikan jumlah ekspor sebesar 30, 47% yoy dan impor sebesar 25, 73% yoy di bulan Maret 2021 diperkirakan masih akan menopang pergerakan IHSG di awal pekan.

Baca Juga: IHSG diprediksi lanjut bangkit pada Senin (19/4), menyimak saham GJTL, ERAA, dan INKP

Realisasi tersebut mendukung kenaikan Prompt Manufacturing Index Bank Indonesia (PMI-BI) ke lapisan 50, 01% di kuartal I 2021 dari 47, 29% di kuartal IV 2020. Sebagai informasi, tangga di atas 50% menunjukkan kondisi ekspansif.

Hal ini, kata Valdy, meningkatkan ekspektasi realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih baik dari proyeksi. Setidaknya, bisa mendekati rentang berasaskan dari proyeksi pertumbuhan ekonomi di kuartal I 2021.

Sementara hati dari global, pelaku rekan akan mencermati data ekspor-impor dan industrial production Jepang yang dijadwalkan rilis di dalam Senin pagi.

Melihat sentimen-sentimen di berasaskan, saham-saham yang berkaitan dengan manufaktur dapat dicermati di perdagangan besok Senin serupa ASII, INDF dan ICBP.

Selain tersebut, investor bisa juga memperhatikan BMRI, BRIS dan UNTR.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menampilkan artikel-artikel yang berkualitas serta bermanfaat.

Sebagai peribahasa terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.