JAYATOGEL – JAKARTA . Produsen kantong plastik, PT Panca Budi Idaman Tbk menargetkan penjualannya di tahun tersebut tumbuh di atas 10%. Buat itu, emiten yang memiliki isyarat saham PBID ini berencana langsung memperkuat penetrasi pasar di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Direktur & Sekretaris Perusahaan PBID Lukman Hakim mengatakan, berdasarkan pemisahan wilayahnya, daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan dan Sulawesi mempunyai kontribusi yang masih minim di dalam total penjualan kantong plastik perusahaan yakni kurang dari 10%.

Padahal, masing-masing wilayah tersebut memiliki prospek pasar yang mengakui karena memiliki ukuran pasar dengan besar. Jawa Tengah dan Jawa Timur misalnya, masing-masing dari ke-2 wilayah tersebut memiliki jumlah warga yang sangat besar, yakni pada atas 30 juta penduduk.

Baca Selalu: Laba bersih menyusut 24, 31% di tahun 2019, begini penjelasan Panca Budi Idaman (PBID)

Namun demikian, sekitar sebagian besar penjualan kantong plastik perusahaan masih bermula dari wilayah Jabodetabek yang memiliki jumlah penduduk setengah dari populasi penduduk Jawa Timur ataupun Jawa Tengah.

“Masih ada room yang sangat besar buat digarap di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah, ” ungkap Lukman kepada Kontan. co. id, Senin (30/3).

Oleh karenanya, PBID tidak ingin melewatkan kesempatan yang ada untuk tetap memperkuat penetrasi pasar di sungguh wilayah Jabodetabek, terutama di Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan, dan Sulawesi. Caranya antara lain secara memperluas jangkauan distribusi di pasar-pasar tradisional yang ada sembari terus menjaga pelanggan eksisting.