Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Warga Kampung Pemulung RT 06 RW 02 Kelurahan Pancoran, Jakarta Selatan menerima bantuan bagian sembako dan makanan dari Departemen Sosial, Jumat (10/4).

Bantuan tersebut disalurkan oleh Departemen Sosial melalui Yayasan Seniman Jalanan Indonesia, dan diterima langsung sebab ketua RT Kampung Pemulung, Suparlan.

Suparlan menyampaikan mengecap terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Sosial yang telah menyerahkan bantuan kepada warganya.

Baca Juga: Penyaluran PKH ditambah, pagu anggaran jadi Rp 37, 4 triliun

“Saya, selaku ketua RT di sini, sangat berterima kasih kepada rekan-rekan di sini, terutama kepada Kementerian Sosial yang mana telah tampil, peduli, terhadap warga kami ini”, ujarnya dengan mata berbinar.

Ia menyampaikan bahwa nantinya bantuan ini akan diberikan kepada warga Kampung Pemulung yang memerlukan. Sedangkan mekanisme pendistribusiannya, ia mengiakan akan menyampaikannya secara langsung ke rumah-rumah warga.

“Kalau menurut saya pribadi, saya akan bagi langsung ke rumah supaya tidak ada kerumunan yang kita tidak inginkan. Jadi, ini benar untuk menghindari warga berkerumun”, jelasnya.

Adapun Saiful Anam, salah seorang warga penerima bantuan mengungkapkan ia dan warga Dukuh Pemulung lainnya tidak dapat hidup seperti biasa sejak merebaknya virus Corona.

Baca Juga: Kemenkeu siapkan bansos untuk keluarga miskin lewat Dana Daerah

“Dengan kondisi seperti ini, saya ngga bisa ngapa-ngapain beberapa hari itu. Memang usahanya sekarang stag di tempat, ngga bisa jalan, pabrik seluruh tutup”, akunya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa dirinya tidak lagi mendapat pemasukan. ” Ngga ada pemasukan sama sekali, pengeluaran terus sih iya”, katanya dengan intonasi pasrah.