Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Noverius Laoli

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . Pemerintah memperluas pemberian insentif perpajakan ke 18 sektor usaha baru. Di dalam sektor ini, ada sekitar 761 Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) yang bisa mendapatkan insentif pajak.

Sama seperti 19 zona manufaktur sebelumnya, 18 sektor usaha baru ini akan mendapatkan insentif perpajakan berupa Pajak Penghasilan ( PPh) Pasal 21 ditanggung pemerintah (DTP), PPh Pasal 22 memasukkan dibebaskan selama enam bulan, diskon PPh Pasal 25 sebanyak 30%, serta restitusi Pajak Pertambahan Kadar (PPN) yang dipercepat.

Selain insentif PPh, ada sebanyak sektor yang juga akan memperoleh insentif dari sisi kepabeanan serta cukai.

Baca Juga: Ditjen Pajak masih belum memberikan kepastian insentif bagi industri pers

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, mengatakan, total perkiraan yang disiapkan pemerintah untuk tambahan insentif ke 18 sektor tersebut adalah sebesar Rp 35, 3 triliun. Jumlah ini termasuk secara pajak usaha mikro kecil & menengah (UMKM) yang ditanggung pemerintah selama 4 bulan.

Menanggapi hal tersebut, Ekonom Universitas Indonesia (UI) Fithra Faisal mengucapkan, dengan penambahan anggaran tersebut pemerintah tidak harus terfokus pada kekurangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negeri (APBN) 2020.

Pasalnya, saat ini fokus pemerintah bukan pada defisit, tetapi pada tambahan likuiditas kepada masyarakat terdampak Covid-19, kredit relaksasi perpajakan, serta dorongan bagi dunia usaha.

“Toh itu (defisit) sudah diatur dalam Perppu 1/2020, memang ada risiko tapi saya rasa masih cukup aman, ” ujar Fithra kepada Kontan. co. id, Rabu (22/4).

Baca Juga: Ekonom Raden Pardede: Tidak bisa kita gunakan resep sama untuk seluruh penyakit

Fithra melanjutkan, meskipun pemerintah akan langgeng melakukan perluasan insentif perpajakan ke depannya, tetapi ini bukan menjelma masalah. Asalkan, semua sektor cara masih bisa tetap menjalankan usahanya.

Dukungan dibanding Anda akan menambah semangat ana dalam menyajikan artikel-artikel yang berisi dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan kemudahan donasi berikut ini.