Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN. CO. ID – CIANJUR. Kementerian Bahari dan Perikanan tengah mempersipkan wilayah Cianjur Selatan sebagai tempat budidaya udang vaname.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo Jumat (19/6) kemarin meninjau langsung calon lokasi percontohan klaster budidaya udang vaname di Desa Kertajadi, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur porakporanda Jawa Barat.

Sebelumnya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Layanan Usaha Penerapan Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang Jawa Barat telah melakukan identifikasi & kajian kelayakan teknis di zona tersebut sebagai sentra budidaya udang vaname.

Menteri Edhy menyebut lokasi yang akan menjadi tempat sentra budidaya merupakan lahan milik Perum Perhutani. Lahan itu saat ini dikelola Lembaga Asosiasi Desa Hutan (LMDH).

KKP melihat tempat ini lulus potensial untuk dioptimalkan guna pengembangan usaha budidaya udang vaname dengan berkelanjutan.

Menurut Edhy budidaya udang vename ini diharapkan bisa memberdayakan ekonomi masyarakat setempat termasuk mendorong lembaga masyarakat lokal untuk terlibat langsung dalam kegiatan ekonomi, seperti kegiatan usaha penanaman udang.

Menurut Edhy, masyarakat desa hutan telah berupaya menjaga kelestarian alam, sehingga perlu diberi alternatif pekerjaan untuk memajukan ekonominya.

“Lahan ini statusnya milik Perum Perhutani & dikelola oleh Lembaga Masyarakat Kampung Hutan. Tim UPT kami sudah lakukan groundcheck dan melakukan tilikan kelayakan teknis, ” katanya di dalam pernyataan tertulis.

SELANJUTNYA> > >

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Kamu akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas & bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang mampu digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Info tentang Data HK