Reporter: Venny Suryanto | Editor: Noverius Laoli

LANGSUNG. CO. ID – JAKARTA . Bank Indonesia (BI) mencatat, letak utang luar negeri (ULN) Nusantara sebesar US$ 409, 7 miliar pada akhir Juli 2020. Jumlah tersebut tumbuh 4, 1% year on yea r (yoy) pada Juli 2020.

Sedangkan, jika dipadankan bulan sebelumnya pertumbuhan ULN melambat 5, 1% yoy.

‚ÄúPertumbuhan ULN Indonesia pada Juli 2020 tercatat 4, 1% (yoy), melambat dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 5, 1% (yoy), ” terang BI di keterangan resmi, Selasa (15/9).

Bank Indonesia memaparkan, posisi utang luar negeri Indonesia tersebut terdiri dari ULN sektor publik (Pemerintah dan Bank Sentral) sebesar US$ 201, 8 miliar dan ULN sektor swasta termasuk BUMN sebesar US$ 207, 9 miliar.

Mengucapkan Juga: Industri manufaktur akan terpengaruh penerapan PSBB di DKI Jakarta

BI juga menjelaskan, perkembangan ULN ini didorong menurunnya pertumbuhan ULN swasta di tengah pertumbuhan ULN pemerintah yang relatif stabil.

Kemudian, untuk posisi ULN sektor publik/pemerintah pada Juli 2020 tercatat tumbuh relatif stabil sebesar US$ 199, 0 miliar atau tumbuh 2, 3% yoy. Angka tersebut juga relatif stabil dibandingkan pertumbuhan bulan Juni 2020 sebesar 2, 1% (yoy).

BI menilai, perkembangan ini dikarenakan adanya penarikan sebagian komitmen lembaga multilateral dan penerbitan Samurai Bonds untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan, tercatat untuk penanganan pandemi COVID-19 & Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Adapun, ULN pemerintah juga dikelola secara terukur & berhati-hati untuk mendukung belanja preferensi Pemerintah dalam beberapa sektor yakni sektor jasa kesehatan dan kesibukan sosial (23, 6% dari total ULN Pemerintah), sektor konstruksi (16, 5%), sektor jasa pendidikan (16, 4%), sektor jasa keuangan serta asuransi (11, 9%), serta sektor administrasi pemerintah, pertahanan, dan tanggungan sosial wajib (11, 8%).

Baca Selalu: Ekonom Bank Permata nilai kenaikan cadangan devisa petunjuk ekonomi mulai pulih

Sedangkan, posisi ULN preman pada Juli 2020 tercatat lahir 6, 1% atau melambat dipadankan dengan pertumbuhan pada Juni 2020 sebesar 8, 3% (yoy).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Kamu akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas serta bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.