KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Manfaat terong berasal dari perut serat, protein, karbo, kalori, dan nutrisi penting lain yang berperan untuk kesehatan. Kegunaan-kegunaan terong berikut ini bisa Anda dapat jika Anda mengonsumsinya secara rutin.

Kaya Antioksidan

Radikal bebas yang terlalu banyak dapat menimbulkan penyakit sebab merusak sel-sel dalam tubuh. Untuk menghindari terjadi hal itu, Kamu bisa mengonsumsi sumber makanan dengan mengandung banyak antioksidan. Salah satunya adalah terong.

Mengutip sebab Healthline (healthline. com), antioksidan pada terong mampu menurunkan risiko penyakit kronis, seperti kanker atau penyakit jantung. Salah satu jenis antioksidan yang banyak ditemukan dalam terong bernama anthocyanin.

Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Manfaat terong selanjutnya cocok digunakan oleh penderita diabetes. Serat dalam terong berguna untuk mengontrol jumlah gula darah dengan memperlambat proses pencernaan dan peresapan gula dalam tubuh.

Baca Juga: Leunca punya segudang khasiat, mulai redakan pusing hingga kanker

Selain tersebut, polyphenol dalam terong juga berlaku untuk meningkatkan pengeluaran insulin sehingga gula darah lebih terkontrol. Penanggung diabetes bisa mengonsumsi terong dengan cara mengkombinasikannya dengan makanan berserat lain sehingga diabetes bisa terpecahkan dengan baik.

Menurunkan Berat Badan

Sebab hanya mengandung 20 kalori dalam 82 g terong, sumber makanan ini cocok Anda konsumsi bila ingin menurunkan berat badan. Serat yang ada di terong biar dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Artinya, keinginan untuk menggunakan makanan berlebih menjadi berkurang.

Mencegah Pertumbuhan Organ Kanker

Kaya yang telah dikatakan sebelumnya, keburukan kanker bisa dicegah dengan mengonsumsi terong karena adanya kandungan antioksidan. Selain itu, pertumbuhan sel kanker juga bisa dicegah karena adanya rhammosyl glycoside.

Baca Juga: Khasiat sawi putih bagi penanggung penyakit ginjal dan yang jalani program diet

Melansir Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa sel kanker bisa lebur pada binatang percobaan yang diberi rhammosyl glycoside. Kandungan dalam terong tersebut juga efektif mengatasi kanker kulit. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait kejadian tersebut.

Anda bisa mendapat manfaat terong tersebut secara mengonsumsinya secara rutin. Ada bayak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengolah terong. Mulai dari memanggang, merebus, dan membakarnya. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan sumber makanan bergizi lainnya.

Editor: Belladina Biananda