KONTAN. CO. ID – Crohn adalah penyakit pada mana saluran pencernaan mengalami inflamasi atau peradangan. Setiap bagian dengan termasuk dalam sistem pencernaan dapat mengalami hal tersebut.

Pada beberapa kasus, penyakit tersebut sering terjadi di usus mulia. Kondisi tersebut mengakibatkan Anda menikmati sakit perut, diare, malnutrisi, dan penurunan berat badan.

Tetapi, setiap orang akan mengalami isyarat yang berbeda-beda. Ada yang mengalami gejala parah, tapi tak kecil pula yang menunjukkan gejala mudah.

Bersumber dari Mayo Clinic , ada pula kasus di mana gejala penyakit crohn muncul secara tiba-tiba.

Anda perlu lekas memeriksakan diri ke dokter bila mengalami gejala tersebut, apalagi bila ada gejala lain yang lebih parah. Misalnya, terdapat batu ginjal, anemia, dan radang sendi atau kulit.

Mengaji Juga: Bahaya terlalu banyak dahar daging bisa merusak kesehatan usus

Pengantara penyakit crohn

Sampai saat ini, belum tersedia faktor pasti yang menyebabkan keburukan crohn. Namun, gangguan kesehatan tersebut bisa diperparah karena beberapa hal, seperti keturunan dan kondisi sistem imun seseorang.

Infeksi virus dan bakteri bisa membuat kemunculan penyakit crohn. Saat bentuk imun tubuh Anda memiliki respons yang abnormal, sistem imun justru menyerang sel yang berada dalam sistem pencernaan.

Melansir Mayo Clinic , faktor lain yang dapat mendatangkan kemunculan penyakit crohn. Mulai sejak usia, etnis, dan obat antiinflamasi non steroid.

Merokok juga jadi salah satu kelaziman yang bisa menyebabkan hal dengan sama. Jadi,, usahakan untuk meniadakan kebiasaan tersebut.

Baca Juga: Anda tidak mau terkena batu ginjal? Hindari kurang hal berikut ini

Komplikasi penyakit crohn

Jika penyakit crohn tak segera ditangani dengan cara yang tepat, ada beberapa komplikasi yang bisa Anda alami.

Pertama , urusan kesehatan itu bisa menyerang tebal telinga usus Anda. Jika terus dibiarkan, tentu saja hal tersebut tak baik untuk kesehatan jangka lama Anda.

Kedua , penyakit crohn dapat membuahkan seseorang mengalami malnutrisi. Anda mungkin mengalami diare dan sakit perut.

Hal itu bisa membuat Anda tak nafsu makan. Sehingga, tubuh tak mampu makan nutrisi dan mineral sesuai dengan kebutuhan.

Bila hal tersebut terjadi secara terus-menerus, tidak mungkin Anda akan menikmati anemia karena kekurangan zat besi dan vitamin B12. Begitu pula dengan komplikasi atau penyakit lain yang lebih parah.

Editor: Belladina Biananda