Sumber: Kompas. com | Editor: Wahyu T. Rahmawati

KONTAN. CO. ID porakporanda JAKARTA. Bupati Kepulauan Seribu Djunaedi mengatakan, pesawat Sriwijaya Minuman rute Jakarta-Pontianak jatuh di sekitar Pulau Laki. Menurut Djunaedi, kejadian terjadi pada Selasa siang kira-kira pukul 14. 30 WIB.

“Betul (di Pulau Laki), ” ujar Djunaedi kepada Petunjuk. com, ketika dikonfirmasi, Sabtu (9/1). Djunaedi menyatakan bahwa ia menerima informasi tersebut dari pihak kelurahan setempat.

Sebab pihak kelurahan dia menerima keterangan bahwa seorang nelayan bubu sempat melihat ledakan api dari kejadian tersebut, kemudian meminta tolong kepada warga sekitar. “Ya saya sanggup informasi dari kelurahan dari nelayan bubu ada orang yang menimbulkan tolong, ada ledakan api pada sekitar Pulau Laki, ” lanjutnya.

Kini, tim dibanding BASARNAS sedang menuju lokasi kejadian. “BASARNAS sedang ke lokasi. Belum ada lagi informasi ke aku, ” kata dia.

Baca Juga: Pesawat SJ-182 hilang relasi, Sriwijaya Air berkoordinasi dengan bervariasi pihak

Diberitakan sebelumnya, pesawat Sriwijaya Air arah Jakarta-Pontianak diduga hilang kontak. Taat Kasubbag Humas Basarnas, pihaknya akan menyampaikan informasi terkait lebih lanjut kemudian. “Sementara masih diduga (hilang kontak), ” kata dia, Sabtu.

Sementara itu, Ujung Bicara Kementerian Perhubungan RI Adita Irawati mengonfirmasi bahwa pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak pada Sabtu (9/1).

Adita mengungkapkan gaib kontak terjadi saat pesawat berkecukupan di atas kawasan Kepulauan Bermacam-macam. “Telah terjadi lost contact pesawat udara Sriwijaya rute Jakarta-Pontianak dengan call sign SJY 182. Terakhir terjadi relasi pada pukul 14. 40 WIB, ” kata Adita, Sabtu (9/1).

Membaca Juga: Kemenhub: Sriwijaya Air SJ182 hilang kontak saat di atas Kepulauan Seribu memukul 14. 40

Adita mengatakan, saat ini masih berjalan proses investigasi dan pihaknya juga sedang berkoordinasi dengan Awak Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) serta Komite Nasional Keselamatan Pemindahan (KNKT). “Kami akan menyampaikan fakta lebih lanjut jika sudah tersedia perkembangan lain, ” ujar dia.

Informasi yang diterima tim SAR menyebutkan, pesawat dengan nomor penerbangan SJY182 hilang kontak di posisi 11 Nm north CGK pada pukul 07. 40 UTC dengan ketinggian passing 11. 000 feet on climb to 13. 000 feet.

Artikel ini telah tayang dalam Kompas. com dengan judul “Bupati Kepulauan Seribu: Pesawat Sriwijaya Tirta Jatuh di Sekitar Pulau Pemuda.
Penulis: Sonya Teresa Debora
Editor: Kristian Erdianto

Baca Pula: Pesawat Sriwijaya lelap kontak, kapal jelajah SAR dikerahkan ke Laut Jawa

DONASI, Bisa Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang bernas dan bermanfaat.

Sebagai peribahasa terimakasih atas perhatian Anda, ada voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.