Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Handoyo.

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . Gabungan Pegusaha Jamu (GP Jamu) menilai aksi korporasi yang dilakukan Combiphar terhadap Air Mancur sudah tepat. Menurutnya, makin banyak generasi penerus dari perusahaan jamu dan produk herbal yang membatalkan tidak melanjutkan bisnisnya.

Ketua Umum GP Jamu, Dwi Ranny Pertiwi menyambut baik gerak-gerik korporasi tersebut. Ia mencotohkan laksana saat kasus Nyonya Meneer dipailitkan setelah berdiri 98 tahun.

“Jadi memang karena sudah memasuki generasi ketiga, sehingga banyak yang tidak mau meneruskan sehingga akhirnya tutup dan urusan seperti itu bukan satu dua saja sehingga banyak perusahaan jamu diakuisisi, ” ujarnya kepada langsung. co. id, Jumat (22/1).

Baca Juga: GP Jamu proyeksikan penjualan jamu dan produk herbal tumbuh 5% di 2021

Secara bisnis, akuisisi tersebut diakuinya memang akan turut meningkatkan persaingan. Namun, ia melihat belum tentu akan langsung menghaki pasar. Ia mencontohkan saat Indofood mengakuisisi salah satu perusahaan jamu besar di Jawa sekitar 2-3 tahun lalu.

“Skala perusahaan Indofood sangat besar, tapi saya belum lihat boomingnya semacam apa walaupun sudah mengambil 2-3 tahun lebih. Nah, sebetulnya dengan nama Air Mancur yang sudah bagus, sebetulnya tinggal bagaimana Combiphar memanage-nya, ” jelasnya.

Menurutnya, saat ini Sido Hidup masih menguasai pasar jamu serta produk herbal. Lanjutnya, saat itu ada 846 perusahaan jamu serta produk herbal. Dari sana, 112 perusahaan merupakan industri besar & sisanya usaha menengah kecil.

“Omzet Sido Muncul tersebut sama dengan omzet kami semua, makanya saat ini dia dengan terbesar di Indonesia, ” paparnya. Sementara itu, perusahaan jamu yang lain yang merupakan pesaing Sido Menonjol dari Jamu Borobudur dan Soman Indonesia.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami buat menyajikan artikel-artikel yang berkualitas & bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang mampu digunakan berbelanja di KONTAN Store.