KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Sehubungan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro dengan ditetapkan pemerintah, PT MRT Jakarta melakukan perubahan jadwal operasional selama PPKM Berbasis Mikro yang bakal efektif diberlakukan mulai Kamis, 11 Februari 2021.

Penasihat Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda), Muhammad Effendi mengutarakan perubahan jadwal operasional kereta tersebut sebagai bentuk dukungan atas upaya pemerintah dalam menanggulangi tersebarnya virus Covid-19 lebih lanjut.

“MRT juga melakukan perubahan jadwal operasional yang berlaku tertuang dalam Tulisan Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor 65 Tarikh 2021, ” kata Effendi pada keterangan resminya, Rabu (10/2).

Baca Selalu: Bertemu duta tinggi Jepang, Menhub bahas peluang kegiatan sama sektor transportasi

Berikut adalah perubahan kebijaksanaan layanan operasi MRT Jakarta menjadi berikut:

1. Jam Operasional Senin – Jumat (hari kerja) pukul 05. 00 WIB sampai dengan pukul 22. 00

WIB dan Sabtu – Minggu (akhir pekan) pukul 06. 00 sampai dengan pukul 20. 00 WIB.

2. Jarak antar kereta (headway) yaitu:

• Weekdays a. Tiap 5 menit untuk jam sibuk (07. 00 WIB – 09. 00 WIB dan 17. 00 WIB – 19. 00 WIB) b. Tiap 10 menit di luar jam sibuk.

• Weekend (akhir pekan): Tiap 10 menit.

3. Pembatasan jumlah pengguna 62-67 orang per kereta (gerbong) atau 390 orang per rangkaian kereta.

PT MRT Jakarta juga tetap mengimbau masyarakat untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan MRT Jakarta seperti kewajiban memakai masker, menjaga jarak antar pengguna, rajin mencuci tangan, serta tidak berbicara, molek satu atau dua arah, semasa di dalam kereta dan area peron stasiun.

Editor: Yudho Winarto