Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Bank Indonesia (BI) optimistis penjualan eceran pada kamar Maret 2021 akan menyusun secara bulanan.

Ini terlihat dari evaluasi Indeks Penjualan Riil (IPR) Maret 2021 yang sebesar 182, 3 atau lahir 2, 9% mom lantaran Februari 2021 yang sebesar 177, 1.

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, peningkatan penjualan eceran diperkirakan satu dengan meningkatnya permintaan asosiasi di tengah cuaca dengan mendukung.

“Hal ini didukung oleh bahan BMKG bahwa rata-rata tumpah hujan dalam kisaran membuang (50 mm – 150 mm) dan telah meninggalkan puncak musim hujan, ” ujar Erwin dalam informasi Survei Penjualan Eceran, Senin (12/4).

Baca Juga: Penjualan ecearan bulan Februari 2021 turun

Hampir semesta kelompok diperkirakan mengalami kemajuan positif, terutama pada gerombolan Barang Lainnya sebesar 3, 8% mom. Termasuk sub kelompok Sandang yang diperkirakan tumbuh 2, 1% mom dan kelompok Barang Kebiasaan dan Rekreasi yang muncul 2, 5% mom.

Namun secara tahunan, penjualan eceran pada Maret 2021 diperkirakan masih mau menurun dari periode yang serupa tahun 2020. BI perkirakan penjualan akan turun 17, 1% yoy. Namun, ini membaik dari penurunan pemasaran secara tahunan pada kamar Februari 2021 yang sebesar 18, 1% yoy.

Perbaikan terjadi pada hampir seluruh kelompok produk terutama kelompok Barang Lainnya sebesar minus 26, 2% yoy, termasuk sub kawanan Sandang yang kontraksi kurang 16, 0% yoy, grup Bahan Bakar Kendaraan Bermotor minus 1, 2% yoy, dan kelompok Barang Budaya dan Rekreasi minus 41, 9% yoy.

DONASI, Dapat Voucer Percuma!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel dengan berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih akan perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.