Reporter: Tim KONTAN | Editor: indah sulistyorini

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Investasi adalah hak semua kalangan. Selama itu, bisa jadi perempuan lebih identik dengan aktivitas honorarium dan hal-hal berbau konsumtif, sehingga urusan investasi bertambah banyak dilakukan oleh laki-laki.

Perlu diingat, saat ini adalah era kesetaraan gender. R. A. Kartini telah membuka melayang bagi perempuan Indonesia di hal kesetaraan dengan pria.

Sudah menjadi hal yang lumrah seorang perempuan memutar peran sebagai Chief Financial Officer (CFO). Ketika masa pandemi seperti ini, rani perlu mampu mengelola cashflow keluarga agar bisa menutup kebutuhan selama di sendi.

Baca Juga: Berikut Alasan Orang Takut untuk Berinvestasi

Bukan tidak barangkali, pandemi ini juga kurang banyak mengurangi pendapatan panti tangga, sehingga peran ibu dalam mengatur keuangan suku kian diperlukan.

Kegiatan work from home maupun school from home juga akan membutuhkan pasokan makanan yang lebih penuh di rumah. Terlebih dengan bulan suci Ramadan, pengelolaan keuangan keluarga agar sanggup dialihkan pada barang hajat pokok sehari-hari.

Hal ini juga membutuhkan strategi tersendiri, termasuk menghindari panic buying dan penimbunan stok makanan yang nantinya malah akan terbuang.

Oleh karena itu, penting bagi seorang hawa memahami pengeloaan keuangan, termasuk juga dalam hal berinvestasi.

Investasi apa saja yang bisa dipilih para perempuan Indonesia? Tersedia beragam produk investasi, antara lain: reksadana, saham, obligasi korporasi, surat utang negeri, dan produk deposito. Pertama, pahami lebih dahulu istimewa produk investasi masing-masing pra mulai berinvestasi. Berinvestasilah pada jangka panjang untuk meminimalisasi risiko fluktuasi harga dan pilihlah beberapa produk investasi sebagai strategi diversifikasi efek.

Kartini baru juga bisa berinvestasi dengan menaruh deposito dengan simpanan minim. Cukup dengan memasukkan program Deposito Special Rate dari J Trust Bank. Jumlah setoran deposito minimum Rp500. 000 dan maksimum Rp20 juta, serta mempunyai jangka waktu 3 bulan dan 6 bulan & tidak dapat diperpanjang. Derma yang digunakan nasabah buat program ini adalah sedekah baru ( fresh fund ).

Dalam program depositonya, J Trust Bank menganjurkan program deposito dengan kembang deposito yang spesial tenggat mencapai 7% per tarikh. Suku bunga Deposito Special Rate untuk tenor 3 bulan sebesar 6, 75% p. a. sedangkan simpanan tenor 6 bulan sejumlah 7%. Program yang berlaku selama 15 April 2021 hingga 30 April 2021 ini dapat diikuti oleh nasabah baru atau nasabah lama.

Lamun demikian, nasabah perlu memikirkan sejumlah risiko dalam investasi melalui instrumen deposito, bagaikan pemberian tingkat bunga persediaan melebihi yang ditetapkan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Simpanan itu menjadi cadangan yang tidak layak dibayar jika izin usaha dicabut.

Saat memasukkan program ini, nasabah juga tidak bisa break kalender atau berhenti di tengah jalan. Namun, jika terdesak melakukan itu, nasabah hendak dikenakan penalti berupa pemberian suku bunga yang sebanding dengan suku bunga Simpanan J Trust.

Untuk mengetahui lebih sendat terkait program – program deposito J Trust Bank, silahkan kunjungi laman www.jtrustbank.co.id.

Bijak berinvestasi merupakan satu langkah menuju independensi finansial demi mencegah ketergantungan kepada pihak lain. Kartini sudah pasti akan besar dan mendukungmu, perempuan Indonesia!

DONASI, Sanggup Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menaikkan semangat kami untuk mempersembahkan artikel-artikel yang berkualitas serta bermanfaat.

Sebagai aforisme terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.